Gelombang Ketiga TKA China Segera Datang

  • Whatsapp

Gelombang ketiga kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China dijadwalkan tiba di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (7/7). Sebelumnya, TKA asal negeri tirai bambu itu telah didatangkan dua gelombang ke Bumi Anoa.

Sebanyak 156 didatangkan pada Selasa (23/6). Sementara gelombang kedua sebanyak 105 orang tiba di Bandara Haluoleo pada Selasa (30/6). Totalnya sudah 261 orang dari rencana awal sebanyak 500 TKA.

Read More

Seluruh TKA yang tiba ini dipekerjakan di dua industri pemurnian nikel, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) di Morosi, Kabupaten Konawe.

External Affair Manager PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Indrayanto mengaku, belum mengetahui jumlah pasti kedatangan TKA China gelombang ketiga ini.

“Sesuai dengan┬áschedule┬átidak ada perubahan. Sekitar 100 lebih,” katanya.

Indrayanto mengatakan, kedatangan TKA China bisa jadi empat tahap karena mempertimbangkan kondisi di lapangan utamanya kesehatan para TKA. “Saya belum dapat informasi (jumlahnya). Tergantung berapa jumlahnya,” jelasnya.

Saat ini TKA China masih berada di Ghuangzhou China dan akan terbang ke Malaysia kemudian masuk Indonesia lewat Bandara Sam Ratulangi Manado dan mendarat di Bandara Haluoleo.

Indra menyebut, sebanyak 156 TKA China yang datang pada gelombang pertama telah dikarantina dan sudah diperiksa oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Tadi orang KKP mengecek langsung orang pertama kemarin,” jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan terhadap TKA ini, lanjut dia, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe. Seluruh TKA diperiksa seluruh kesehatannya mulai dari covid-19 hingga penyakit menular lainnya.

Ia menuturkan, seluruh TKA yang datang ini sudah mengantongi administrasi termasuk visa 312 sebagai syarat mereka untuk masuk bekerja di Indonesia.

“Sebelum dia berangkat ada syarat-syarat dipenuhi. Di Nakertrans sudah ada semua itu,” tuturnya.

Related posts