Tips

Penyebab Handphone Android Bootloop dan Solusinya

bootloop

Mungkin inilah kerusakan yang sering terjadi pada ponsel atau handphone berbasis sistem android yaitu Bootloop, Bootloop sendiri adalah kondisi dimana handphone atau ponsel kita mengalami kegagalan masuk sistem, sehingga hanya loading di boot screen saja.

ada beberapa hal yang biasanya mengakibatkan bootloop itu sendiri, seperti dibawah ini :

  • Seringnya kita gonta ganti custom rom
Masalah bootloop sering terjadi setelah kita melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini biasanya disebabkan karena ada dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus sehingga malah digunakan oleh sistem yang baru. Paket custom ROM yang rusak juga dapat menyebabkan bootloop setelah Anda menginstalnya.

  • Instal Rom yang belum sempurna
Bootloop biasanya juga terjadi setelah kita menginstal rom untuk sistem Android. Masalah ini muncul karena rom yang kita instal tidak semuanya terinstal, ntah itu karena file romnya yang korup atau ketika kita instal rom android kita kehabisan baterai dll.

  • Salah mengatur permission
Android sangat bergantung kepada permission sistem yang benar. Jika Anda salah mengatur permission dari sebuah file sistem maka bisa berujung kapada bootloop. Maka dari itu, telitilah sebelum memberikan permission pada suatu file, biasanya ini juga disebabkan kita membuka sistem android secara bebas misalnya di root.

  • Restore system backup
Melakukan restore file yang berkaitan dengan sistem juga berpotensi menimbulkan bootloop. Sama seperti penyebab yang pertama, masalah ini juga ditimbulkan oleh dalvik-cache lama yang belum terhapus secara sempurna.

  • Rom yang dipakai tidak cocok
Biasanya bootloop juga terjadi karena ketidak cocokan antara rom dan hh atau ponsel yang kita gunakan, ntah itu dari segi tipe, versi dll

  • Memori internal yang habis atau penuh
dalam hal ini kita perlu hati hati atau menjaga spase memori internal ponsel kita, karena apabila kita tidak mengontrol penggunaan memori internal maka juga akan mengakibatkan bootloop, hal ini disebabkan ketika ponsel kita kehabisan baterai biasanya akan hank dan restart sendiri apabila sistem tidak dapat masuk sistem karena memori penuh mengakibatkan bootloop

  • Hardware yang sudah rusak
dari sekian banyak penyebab yang mengakibatkan bootloop diatas ini adalah penyebab terakhir yaitu kerusakan pada hardware ponsel, biasanya terjadi di EMMC,
Setelah kita mengetahui penyebab terjadinya bootloop pada android sekarang kita bahas cara mengatasinya dengan mudah, seperti dibawah ini :

  • Factory Reset / Hardreset
Lakukan Factory Reset atau Hardreset dengan cara masuk ke recovery menu dan pilih factory reset atau kembali ke pabrikan.
  • Bersihkan dalvik-cache
Jika bootloop terjadi setelah Anda melakukan flashing custom ROM baru atau setelah melakukan restore backup, maka cara pertama ini bisa Anda coba. Cara ini akan membersihkan dalvik-cache yang lama sehingga sistem akan menggantinya dengan yang baru.
Pertama-tama matikan perangkat Android secara total dengan cara melepas baterai lalu diamkan selama  2 hingga 3 menit. Jika baterainya tertanam dan tidak bisa dilepas, maka tekanlah tombol power selama beberapa menit hingga perangkat tersebut mati total.
Selanjutnya nyalakan kembali perangkat tersebut lalu masuk ke recovery (CWM, TWRP, dan sejenisnya). Cara masuknya berbeda-beda untuk setiap perangkat, ada yang dengan menekan tombol volume down, ada yang menekan tombol home, dan sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan perangkat yang Anda miliki.
Pada recovery tersebut Anda dapat menggunakan tombol volume, tombol home, dan tombol power untuk melakukan navigasi. Namun lagi-lagi fungsinya akan berbeda-beda di setiap perangkat

  •  ROM baru
Jika dua cara di atas belum mampu memecahkan masalah bootloop, maka kemungkinan besar custom ROM yang instal rusak atau tidak kompatibel dengan perangkat Android Anda. Untuk mengatasinya, Anda harus mengunduh dan menginstal custom ROM yang baru via SD card/MMC. Caranya:

      1. Masuk ke recovery
      2. Pilih “Instal zip”
      3. Cari custom ROM yang baru Anda download lalu instal
      4. Reboot
Jika tidak ingin menginstal custom ROM yag baru, Anda juga dapat menginstal stock ROM bawaan perangkat Anda dengan PC atau Komputer. Cara ini berbeda-beda tergantung dari perangkat yang Anda gunakan. Sebagai contoh perangkat Sony dapat menggunakan aplikasi PC Companion, Samsung dengan KIES/odin, dan sejenisnya.
demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah bootloop pada android yang sering kita jumpai dan semuanya itu sudah kami lakukan penelitian dan pengetesan sendiri dan hasilnya android kita kembali normal.

Tulis komentar